4 Jenis Batu Mulia Termahal dan Langka

4 Jenis Batu Mulia Termahal dan Langka - Batu permata ini sangat banyak diminati oleh kalangan atas, bukan hanya karena harganya yang mahal tapi juga kualitas dan keindahannya yang membuat siapapun pecinta batu jadi terkagum melihat keindahan batu mulia ini. Di Indonesia sendiri tidak di semua wilayah yang memiliki kandungan batu mulia ini.

Jenis Batu mulia ini biasanya hanya terdapat di daerah seperti Banten, Lampung, dan juga di daerah kalimantan tentunya. Banyak para Kolektor yang berburu batu Mulia ini. Selain tingginya permintaan pasar, batu ini juga sangat luas peminatnya dari dalam daerah hingga luar dan juga dari mancanegara.

Batu permata sendiri adalah sebuah batu yang mengandung mineral, batu yang dibentuk melalui proses geologi yang unsurnya sendiri terdiri dari atas satu atau beberapa komponen kimia.

4 Jenis Batu Mulia Termahal dan Langka


1. Berlian/Intan (Diamond)

Jenis Batu Mulia

Intan adalah bongkahan yang mengandung mineral yang secara kimia merupakan yang memiliki bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Intan terkenal dikarenakan memiliki sifat-sifat fisika yang sangat istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat ini yang membuat intan digunakan sebagai Aksesories.

2. Batu Zamrud (Emerald)

Jenis Batu Mulia

Batu Zamrud adalah batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. batu Zamrud ini termasuk mineral yang mengandung beryllium dan warna hijau Batu Zamrud disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut. Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dalam skala Mohr).

Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah Afrika Selatan, Australia, Brasil, Kolombia, Siberia, dan juga Zimbabwe.

3. Batu Ruby / Merah Delima

Jenis Batu Mulia

Merah delima atau sering disebut batu rubi adalah batu permata yang memiliki warna merah,  Batu ini bervariasi antara merah muda hingga merah darah. Batu ini merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (aluminium oksida). 

Warnanya terlebih dikarenakan oleh kromium. Namanya datang dari buah delima yang berisi berwarna merah. Rubi alami sangatlah tidak sering, namun rubi buatan bisa difabrikasi dengan cukup murah. Rubi dikira adalah salah satu dari empat batu bernilai berbarengan dengan safir, zamrud, serta intan. 

Harga batu rubi terlebih ditetapkan oleh warna. Warna merah paling bercahaya serta paling bernilai bisa bernilai sangatlah tinggi melampaui rubi lain dengan mutu yang sama. Sesudah warna, selanjutnya yaitu kejernihan : batu yang jernih mengisyaratkan harga tinggi.

4. Batu Safir (Blue Sapphire)
Jenis Batu Mulia

Batu Safir adalah jenis batuan yang berbentuk kristal tunggal yaitu suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Batu Safir dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi pada boule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah, permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer.


Itulah artikel 4 Jenis Batu Mulia Termahal dan Langka. Baca juga Khasiat Batu Topaz Hijau, Kuning dan Biru. Jenis batu ini jenis batu yang memiliki peminat yang sangat banyak. harga yang ditawarkan juga sangat mahal. Tak jarang, mereka yang memiliki buget lebih rela mengelurkan demi permata ke empat macam ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

4 Jenis Batu Mulia Termahal dan Langka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lol