Jenis Pemotongan Pada Batu Akik

Jenis Pemotongan Pada Batu Akik
Dilihat dari spesifik jenis potongan dari batu akik ini memiliki beberapa macam atau tipe yang disesuaikan dengan jenis batu akik dan juga keindahan batu. Jenis potongan batu akik ini disesuaikan agar bisa memaksimalkan tampilan pada batu akik ini. Berikut ini akan saya jelaskan tentang apa saja  jenis potongan batu akik ini secara spesifik.

1. Potongan Jenis Brilian (Brilliant Cut)

Potongan jenis ini merupakan sebuah standar pemotongan untuk jenis batu berlian atau diamond. Tapi potongan ini juga sering digunakan untuk pemotongan batu akik yang lainya seperti batu akik.
Potongan jenis Brilian ini sampai pada saat ini belum diketahui siapa yang menemukanya. Namun kabar yang paling terkenal adalah potongan ini ditemukan oleh seorang perajin batu dari Venesia yang dia kenalkan pada sekitar abad 18.


2. Potongan Jenis Setengah Bulat (Cabochon Cut)
Istilah cobochon ini berasal dari bahasa Perancis yang bermaksud sebagai kepala, istilah ini juga sering dipakai kepada batu akik yang sudah dipoles dan di amplas sehingga batu akik ii memiliki bentuk yang bulat dan halus.

3. Potongan Jenis Datar/ Persegi (Step Cut)
Model potongan hampir menyerupai potongan brilian, atau jenis potongan ini juga sering disebut dengan nama trap cut atau juga orang ada yang menyebutnya dengan nama emerald cut. Jenis potongan ini biasanya digunakan untuk jenis batu akik yang berbentuk seperti persegi panjang.



4. Potongan Jenis Campuran (Mixed Cut)
Jenis potongan seperti ini biasanya berbentuk seperti sebua bulatan dengan sebuah sentuhan crown seperti potongan pada jenis potongan brilian. Potongan jenis ini sesuai dengan jenis batu akik Safir atau bisa juga pada Ruby.

Dengan adanya warna warni pada jenis batu akik safir, model potongan campuran sangat sempurna agar semakin membuat batu aki jenis safir menampilkan keelokan rupa nya, tentunya juga akan menambah nilai harganya di pasaran.

5. Potongan Jenis Mewah (Fancy Cut)

Potongan model seperti ini sangat beragam dan banyak juga sangat kreatif. Misalnya saja Model triangular, pentagon ada juga model hexagon yang termasuk dalam tipe potongan batu mulia jenis ini.

Potongan jenis Fancy Cut adalah pilihan model potongan  yang sangat tepat bagi jenis batu mulia yang juga memiliki harga mewah.

Itulah ulasan saya mengenai beberapa jenis atau model pemotongan batu mulia akik yang paling banyak beredar di masyarakat. Jadi untuk anda kedepanya jangan sampai salah dalam hal memilih tipe pemotongan batu akik milik Anda. Semoga bermanfaat untuk anda pembaca setia blog ini, dan jangan lpa komentar yaaa, kalau dirasa bermanfaat untuk lainya jangan lupa di share

Jenis Pemotongan Pada Batu Akik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lol