Cara Mengetahui Batu Akik Asli Atau Palsu

Cara Mengetahui Batu Akik Asli Atau Palsu - Saat ini sedang musimnya batu akik, mulai dari anak-anak sampai orang tua memakai batu akik, sampai-sampai mungkin ada yang memamerkan batu akik miliknya entah itu batu akik asli ataupun batu akik palsu, nah disini saya akan membagikan pengetahuan tentang bagaimana mengetahui batu akik asli atau batu akik palsu, pastinya ini akan berguna bagi anad yang ingin membeli dan sudah membeli batu akik.


Cara Mengetahui Batu Akik Asli Atau Palsu


Cara Mengetahui Batu Akik yang Asli


1. Dengan Cara Panaskan Batu Akik

Bakarlah dengan api pada bagian tertentu di batu akik yang anda miliki, apabila batu akik yang anda panaskan tadi berubah warna atau mengalami yang namanya gosong apat dipastikan bahwa batu akik tersebut adalah batu akik palsu. Apabila batu akik yang akan Anda miliki itu asli dari alam sudah pasti jika anda bakar tidak akan berubah warna atau gosong. Batu akik yang asli apabila anda bakar atau dibakar akan tampak seperti mengeluarkan minyak atau berminyak, tapi minyak tadi akan segera hilang apabila anda usap dengan apapun atau jika dihapus.

Selain itu, batu akik yang terbuat dari bahan alami apabila dibakar meskipun batu akik tadi menjadi panas, pasti batu akik tadi akan segera menjadi dingin. Sedangkan untuk batu akik yang palsu, panas yang terjadi pada batu akik palsu akan berlangsung lebih lama.

2. Membenturkan Batu Akik


Jika Anda belum memiliki batu akik sendiri, anda dapat meminjam batu akik asli dari teman anda ataupun anda bisa meminjamnya dari kolega. Coba anda benturkan kedua batu akik yang ingin Anda beli dengan sebuah batu akik yang asli. Apabila kedua batu tersbut saat dibenturkan mengeluarkan percikan cahaya, kemungkinan besar batu akik tersebut adalah batu akik yang asli. Disarankan untuk melakukanya ditempat yang gelap.


3. Menggigit Batu Akik

Ini hanya berlaku untuk batu akik jenis mutiara. Untuk mengetahui apakah batu akik itu asli, ansa bisa mengetes keasliannya dengan cara menggigit dengan gigi anda sekuat tenaga pada batu akik tersebut. Apabila tidak terjadi perubahan, maka bisa disimpulkan batu akik tersebut batu akik yang asli.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat membuktikan keaslian pada batu akik yang anda miliki atau yang hendak anda beli. Jika Anda masih ragu dengan batu yang ingin anda beli walaupun anda sudah melakukan beberapa cara di atas, saya sarankan agar Anda langsung bertanya dan berkonsultasi dengan para ahli batu akik atau orang sering menyebutnya dengan nama gemolog.

Nah itulah informasi dari saya, semoga bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa komen dan juga share ya.

Cara Mengetahui Batu Akik Asli Atau Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lol